Tidak Belajar Sehari adalah Sebuah Kesalahan.
Tidak Belajar Seminggu adalah Sebuah Kebodohan.
Tidak Belajar Setahun adalah Sebuah Kemiskinan dan Kemelaratan.
Dan TIDAK BELAJAR Seumur Hidup adalah Sebuah Warisan Yang Berbahaya buat Keturunan.

Senin, 28 Januari 2008

Apa yang kita lakukan supaya sukses ...

"Percaya diri itu skill, framework, dan paradigma. Bisa dipahami, dipelajari, dan dilatih, diakselerasi mendahului usia atau karir Anda, atau diroketkan dan diledakkan menembus batas yang selama ini memenjarakan Anda. Percaya diri adalah induk dari segala life skill Anda. E.D.A.N.-lah yang pertama menjadikannya sebagai skill, framework, dan paradigma."
DASAR PEMIKIRAN
Orang Sukses Pasti Percaya Diri
Anda juga pasti meyakini hal ini. Setiap kesuksesan akan meningkatkan rasa percaya diri. Makin kaya, makin berkuasa, makin tinggi jabatan atau posisi, makin berkembang karir dan profesi, makin berhasil di dalam bisnis, akan membuat seseorang makin percaya diri. Maka, orang yang telah sukses berada di puncak, akan sangat tinggi rasa percaya dirinya.
Untuk Menggapai Sukses Perlu Lebih Percaya Diri.
Apa yang sering Anda lupakan, adalah kenyataan bahwa untuk mencapai sukses dan cita-cita, juga diperlukan rasa percaya diri. Rasa percaya diri yang terus tumbuh. Bukan rasa percaya diri yang tetap atau stagnan.
Sejalan dengan naiknya prestasi dan pencapaian, berbagai tantangan dan hambatan juga akan makin besar dan makin berat. Maka sudah sewajarnya, diperlukan rasa percaya diri yang juga terus tumbuh, makin kuat, setara dengan berbagai tantangan dan hambatan itu.
Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman dan keahlian tentang rasa percaya diri. Tanpa kenaikan rasa percaya diri yang setara, maka karir, jabatan, posisi, kekuasaan, kekayaan, keberhasilan, dan kebahagiaan Anda, akan berhenti di suatu titik yang tidak pernah memuaskan Anda.
Tanpa pemahaman dan penguasaan rasa percaya diri sebagai sebuah LIFE SKILL, jalan Anda menuju sukses dan cita-cita akan terhambat.
Percaya Diri Adalah LIFE SKILL
Rasa percaya diri adalah sebuah keahlian. Selama ini, Anda mungkin menyangka bahwa rasa percaya diri adalah sesuatu yang datang begitu saja. Jika Anda merasa percaya diri, Anda memang hanya merasa percaya diri, itu saja. Anda, bahkan tidak mengetahui dari mana asalnya. Anda belum memahami bahwa rasa percaya diri datang bersama pemikiran, sikap, dan tindakan tertentu.
Jika Anda mampu menjadikan rasa percaya diri sebagai sebuah keahlian, maka Anda dapat memuluskan jalan menuju cita-cita dan kesuksesan Anda. Anda akan menjadi orang yang mampu menghadapi berbagai tantangan dan hambatan, sehingga Anda bisa menjamin tercapainya cita-cita dan kesuksesan Anda.
Rasa percaya diri Anda akan tumbuh dan makin kuat, sejalan dengan makin beratnya tantangan dan hambatan Anda. Bahkan, Anda dapat menjadikan rasa percaya diri Anda berjalan di depan, mendahului usia, karir, posisi, jabatan, kekuasaan, kekayaan, dan keberhasilan Anda.Dari Mana Orang Sukses Mendapatkan Rasa Percaya Dirinya?Orang yang sukses, tidak begitu saja menjadi percaya diri. Mereka, justru telah lebih dahulu mampu membangun keahlian dalam percaya diri, jauh sebelum mereka mencapai cita-cita dan kesuksesannya.Rahasia mereka itulah, yang perlu Anda miliki dan kuasai.
Orang yang sukses dan berhasil, telah memiliki keahlian dalam mengelola rasa percaya dirinya. Mereka memulainya dengan mengenali diri mereka sebagai makhluk yang berkomunikasi.
Stephen Covey di dalam "Seven Habits" mengatakan:
"Communication is the most important skill in life."
Tahukah Anda maksudnya? Maksudnya adalah:
"Communication is the most important life skill."
Anda melihat orang dan organisasi lain sukses. Profesional sukses di jalur karir. Entrepreneur sukses dalam bisnis. Organisasi bisnis sukses menjadi leader dalam industrinya. Pelajar atau mahasiswa sukses mencapai puncak prestasi. Mereka sukses dan survive melewati masa-masa krisisnya. Percayalah bahwa sukses mereka, ditentukan oleh rasa percaya diri yang lebih baik saat berkomunikasi. Saat berkomunikasi dengan orang lain, dan saat berkomunikasi dengan diri sendiri.Sebagai makhluk komunikasi, mereka amat memahami bahwa kesuksesan mereka tergantung pada rasa percaya diri saat berkomunikasi. Mereka, memahami bahwa berkomunikasi itu ada dua template-nya, yaitu berkomunikasi secara eksternal dan berkomunikasi secara internal.
Maka, mereka mengembangkan kemampuannya dalam dua hal, yaitu:
1. Lebih percaya diri berbicara kepada ORANG LAIN.
2. Lebih percaya diri berbicara kepada DIRI SENDIRI.
Dua hal itulah yang menjadi rahasia orang sukses dan orang berhasil. Anda, juga bisa memilikinya.Lebih percaya diri berbicara kepada orang lain, membuat mereka lebih persuasif, lebih meyakinkan, makin menguasai faktor command skill, mampu meningkatkan kemampuan leadership, dan memiliki kemampuan untuk menggerakkan orang lain guna mencapai kesuksesan dan cita-cita mereka.Lebih percaya diri berbicara kepada diri sendiri, membuat mereka lebih punya daya tahan dan kesabaran dalam menghadapi berbagai situasi, lebih mampu berkonsentrasi dan berfokus, tidak terpengaruh oleh sikap orang lain yang tidak mendukung, memiliki keyakinan penuh untuk sukses, selalu berpikir positif, selalu kreatif, memiliki stabilitas emosi yang lebih baik, makin pandai mengelola potensi diri, dan sebagainya.Penguasaan atas dua kemampuan itulah, yang membuat mereka lebih dekat kepada kesuksesan dan cita-cita mereka, sehingga mereka makin cepat mencapainya.Lebih jauh lagi, orang yang sukses dan berhasil, adalah orang yang memahami bahwa kedua ramuan ajaib di atas, dapat dikembangkan sekaligus dengan starting point menjadi lebih percaya diri saat berbicara di depan orang banyak. Anda menyebutnya public speaking.Jika Anda, berhasil dengan baik dalam mempertahankan dan meningkatkan rasa percaya diri Anda, saat berbicara di hadapan publik, maka Anda telah menguasai dua keahlian di atas sekaligus. Anda menjadi lebih percaya diri dalam berbicara kepada orang lain, dan Anda lebih percaya diri berbicara kepada diri sendiri.Ingatlah kembali situasi, mood, dan perasaan Anda, saat Anda "harus" berbicara di depan banyak orang. Anda akan menemukan bahwa kelemahan Anda, terletak pada berbagai fenomena yang berkaitan dengan ORANG LAIN dan DIRI SENDIRI.Dengan menjadi lebih percaya diri saat berbicara di depan orang banyak, dengan cara, teknik, metode, dan mindset yang benar, Anda akan lebih berhasil dalam memimpin, menjual, dan berpresentasi. Plus, Anda juga akan lebih berhasil dalam mengelola dan mengoptimalkan potensi diri Anda.
Dengan menjadi lebih percaya diri berbicara di depan orang banyak, maka Anda akan menjadi:
1. Lebih percaya diri berhubungan dengan ORANG LAIN.
2. Lebih percaya diri mengelola DIRI SENDIRI.

Tidak ada komentar:

Ketahuilah ........

Perlombaan yang paling penting dalam hidup ini, adalah berlomba melawan DIRI SENDIRI