Tidak Belajar Sehari adalah Sebuah Kesalahan.
Tidak Belajar Seminggu adalah Sebuah Kebodohan.
Tidak Belajar Setahun adalah Sebuah Kemiskinan dan Kemelaratan.
Dan TIDAK BELAJAR Seumur Hidup adalah Sebuah Warisan Yang Berbahaya buat Keturunan.

Selasa, 19 Februari 2008

Kaca Cermin -Alat Magic untuk Keluar dari Sangkar Pikiran


“Kicau burung pagi hari di alam bebas tetap jauh lebih indah dan merdu dibanding burung dalam sangkar”
“Refleksi: Apa sangkar pikiran yang membuatku tidak bebas?”
TAHAP PERTAMA: BERANI BERJUMPA SI DIRI ANDA DI KACA CERMIN
Lihatlah orang yang berada di cermin. (lihatlah dengan sangat detail bagian per bagian)
Raut apa yang mencuat di wajahnya? (amati bagian mana yang sangat berbeda)
Dengarkan suaranya jika dia bicara. (tenang, tenang dan sangat tenang, lalu dengarkan)
Pernyataan apa yang dikatakannya? (catat baik-baik kalimat yang dikatakan, seperti dialog)
Rasakan perasaan yang disampaikannya. (diam dan rasakan saja…)
Apa isi hati yang disampaikannya? (rasakan rasa dalam diri)
Apakah Anda sangat suka dengan dia yang ada di cermin? (tunggu jawaban dalam hati)
Apakah Anda sudah puas dengan apa yang dia capai? (tunggu jawaban dalam hati)
TAHAP KEDUA: BERANI MELIHAT BINTANG DI LANGIT KEMBALI
Apa yang Anda inginkan dalam hidup ini? (tenang, tidak perlu dijawab)
Apa yang Anda ingin wujudkan dalam hidup ini? (juga tetap tenang dan tidak perlu dijawab)
Apa misi hidup Anda di dunia ini? (diam, diam dan diam saja)
Boleh ulangi pertanyaan-pertanyaan di atas, ucapkan dalam hati secara perlahan dan dalam suasana hening, namun kepala tetap mendongak melihat bintang di langit.
TAHAP KETIGA: DOWNLOAD FILE EMOSI PUNCAK SUKSES MASA LALU
Pikirkan kembali sebuah kenangan, pengalaman atau kejadian yang membuat Anda sangat percaya diri, membuat Anda berkata “Ini GUE nih! Ini Gue Banget!”, membuat Anda sangat bangga dengan diri Anda, sebuah kejadian yang tidak terlupakan karena prestasi puncak tertinggi dalam hidup Anda, sebuah keyakinan yang sangat besar dalam hidup Anda. Putar kembali film memori indah ini, warna film dibuat lebih warna-warni, meriah, seru, indah sekali. Suara-suara yang terdengar boleh diperkuat atau diperkecil namun memiliki dampak motivasi yang luar biasa. Perasaan yang muncul dalam diri Anda diperkuat, dipertebal, ditinggikan. Anda boleh bernyanyi lagu kenangan ini, jika ada. Terus putar film ini, terus putar sampai seluruh perasaan tubuh Anda menjadi lebih hebat dari pengalaman itu sendiri.
Sekarang pejamkan mata. Nikmati dan rasakan kembali pengalaman itu. Wow, luar biasa bukan? Buka mata perlahan-lahan…
TAHAP KEEMPAT: TRANSFER FILE EMOSI PUNCAK SUKSES MASA LALU
Masuk lompat menyatu dengan orang yang berada di cermin itu dengan seluruh rasa yang ada dalam diri Anda saat ini, sehingga orang di dalam cermin itu menjadi orang yang baru. Orang yang memulai hidup dengan mindset baru, keyakinan baru, tekad baru, tekad baru dan semangat yang baru.
Anda boleh menambah sesi ini dengan teriak-teriak, melompat, kepalkan tinju ke udara sambil berkata dengan semangat: “Aku wujudkan impian ini atau lebih baik aku mati!” (Hi hi hi kalo berani sih…). Meng-anchor situasi ini dengan musik yang semangat, tentu baik sekali. Pilih lagi yang Anda rasa sangat pas dengan situasi ini, misal: Jadilah Bintang.
TAHAP KELIMA: RANCANG DAN UJI SI OUTCOME
Ya, tahap terakhir adalah dengan emosi puncak saat ini, dalam benak Anda rancang ulang seluruh masa depan, goal, impian atau outcome yang ingin Anda capai atau wujudkan. Setelah itu uji outcome tersebut dengan merancang secara sengaja hal-hal apa saja yang mungkin bisa membuat outcome tersebut gagal diwujudkan. Setelah itu, rasakan betul-betul perasaan gagal paling dalam itu sampai terasa nikmat. Lalu, atasi rancangan gagal tersebut dengan ide-ide baru dan strategi baru.
Catatan: Ssssttt…simpan baik-baik ide dan strategi baru tersebut dalam benak Anda, jangan biarkan orang lain tahuuu karena dinding kamarpun seringkali ada kupingnya… Ssssttt…
Selesai deh… Ah, yang unik adalah pengalaman menulis artikel ini. Idenya muncul saat subuh di bulan April 2007, namun menyelesaikan baru saja pada pagi subuh hari ini, Sabtu 8 Desember 2007. Tiba-tiba terbangun oleh suara merdu Adzan subuh, tanganku bergerak membuka laptop, mencari artikel yang belum selesai, terpilihlah topik ini. Kutanya sang Fajar: “Mengapa topik ini? Mengapa harus diposting sekarang juga? Kan, kemarin aku ada posting artikel. Baiknya tunggu 1 atau 2 minggu lagi, bukan?”
Sang Fajar menjawab: “Berikan yang terbaik saat ini juga. Siapa tahu kita tidak memiliki kesempatan berbagi lagi. Sehingga, ini akan menjadi yang terakhir, yang terbaik, yang bisa kita persembahkan untuk kehidupan ini. Bukan hanya disimpan dalam dekapan pelit sang ego diri”. Serem amat sih, tapi Oce, deh! Tengkiu Sang Fajar… Penguasa terang yang hanya memiliki ikhlas…

Tidak ada komentar:

Ketahuilah ........

Perlombaan yang paling penting dalam hidup ini, adalah berlomba melawan DIRI SENDIRI